Monday, May 25, 2015

Harddisk dan SSD Mana Yang Lebih Baik ?

Pembuatan Makalah Bahasa Indonesia



Makalah
Bahasa Indonesia
“ Harddisk dan SSD Mana Yang Lebih Baik ? ”
Disusun Oleh:
Reza Renaldi (29114186)
Jurusan Sistem Komputer
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma
Depok
2015

  KATA PENGANTAR

            Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Hal Yang Dapat Mengganggu Daya Tahan Tubuh dengan sebaik-baiknya meskipun mungkin di dalam makalah ini masih banyak kekurangannya. Makalah ini dibuat karena adanya tugas pembuatan makalah dalam mata kuliah softskill yaitu Bahasa Indonesia.
            Tidak lupa juga, saya sangat berterima kasih terhadap pihak-pihak yang telah membantu saya dalam membuat makalah ini baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Saya berharap dengan dibuatnya makalah ini dapat berguna bagi para pembaca untuk menambah wawasanya terutama tentang daya tahan tubuh sesuai dengan isi makalah ini.
            Saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Depok, 24 Mei 2015
Penulis
 
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
1.Latar Belakang
2.Rumusan Masalah
3.Tujuan Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
1.Solid State Drive
2.HDD vs SSD
3.Kelebihan Dan Kekurangan SSD
BAB III PENUTUP
1.Kesimpulan
2.Saran-Saran
DAFTAR PUSTAKA


  
1.Latar Belakang

Riwayat penyimpanan data tanpa menggunakan komponen bergerak ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir 1960-an dan awal tahun 1970-an. Kala itu, SSD dibuat untuk komputer super buatan IBM yaitu Amdalh dan Cray. Namun mahalnya harga yang harus dibayar, membuat SSD tidak bisa diproduksi secara masal karena tidak ekonomis (saat itu hanya dibuat jika ada pesanan). 
Proyek SSD kemudian dimulai lagi dengan kehadiran SSD yang dibuat oleh StorageTek pada akhir 1970-an. Di awal tahun 1980-an, Santa Clara Systems memperkenalkan BatRam, sebuah memori berbentuk serangkaian chip RAM dengan kapasitas total sebesar 1 megabit (125 kilo byte) yang berfungsi mengemulasikan hard-disk, suatu media penyimpanan yang cukup besar kala itu, karena MS-DOS versi 1.0 hanya mendukung media penyimpanan maksimal sebesar 160 kilo byte saja. Dalam paketnya, memori ini dilengkapi dengan baterai isi ulang. Baterai ini berfungsi menyimpan data saat rangkaian RAM tidak mendapatkan pasokan daya listrik (misalnya saat komputer dimatikan).
Pada tahun 1995, M-Systems memperkenalkan SSD berbasis flash memory. SSD ini kemudian secara luas dipakai oleh kalangan militer dan industri angkasa luar Amerika Serikat sebagai pengganti fungsi hard-disk konvensional. Semenjak itu, SSD semakin berkembang sehingga berbentuk dalam perangkat yang kita kenal sekarang dan mulai diproduksi secara masal sehingga saat ini harganya semakin terjangkau (meskipun hard-disk biasa masih jauh lebih murah).
 
 2.Rumusan Masalah
      A.Apa yang di maksud dengan SSD ?
        B.Perbandingan Hardisk dengan SSD ?
        C.Kelebihan Dan Kekurangan SSD ?
 

3.   Tujuan Penulisan
Berkenaan dengan rumusan masalah di atas tujuan penulisan tentang “ Harddisk dan SSD Mana Yang Lebih Baik ? ” adalah :
a.     Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan SSD
b.     Untuk mengetahui lebih baik menggunakan Harddisk atau SSD
c.      Untuk mengetahui Kelebihan dan Kekurangan SSD

BAB II
PEMBAHASAN

1.Solid State Drive

            Solid State Drive atau yang di singkat SSD ( Solid State Disk ) , adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

Sebagai analogi, kita mungkin tidak asing lagi dengan USB Flash Drive atau USB Thumb Drive atau USB memory stick. Sebuah alat elektronik yang kita gunakan untuk menyiman data, yang sering kita bawa ke mana-mana, yang dicolokkan pada terminal USB komputer saat ingin mengambil atau menyimpan data.

SSD bisa dianggap sebagai versi canggih dari USB Flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Hardisk yang selama ini digunakan pada perangkat komputer.
Jadi SSD adalah perangkat elektronik yang berfungsi menyimpan data seperti hardisk (HDD : Hard Disk Drive) namun konstruksinya seperti USB Flash Drive, yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori.

Seperti halnya USB Flash Drive, SSD pun tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Data atau informasi hanya disimpan di dalam microchips. Berbeda dengan Hardisk yang memiliki lengan mekanik yang bergerak ke sana ke mari untuk menulis dan membaca data di atas piringan magnetik. Perbedaan ini membuat SSD bekerja jauh lebih cepat dari pada Hardisk.
Hardisk (HDD) bergerak secara mekanik untuk mangambil dan menyimpan data atau Informasi, sedangkan SSD bergerak secara elektrik untuk menyimpan dan mengambil data atau informasi. Tentu SSD bekerja lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

2. HDD vs SSD

            Berikut tabel perbandingan antara SSD dan HDD.

Komponen
SSD
(Solid State Drive)
HDD
(Hard Disk Drive)
Daya
2 - 3 watt
6 - 7 watt
Harga
Masih Mahal
Masih lebih murah
Kapasitas
Notebook: kurang dari 1TB
Desktop: Max 1TB
Notebook: 500GB - 2 TB
Desktop: 6 TB
Waktu booting
10 - 13 detik
30 - 40 detik
Noise (kebisingan)
Tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara bising
Terdapat komponen bergerak sehingga menghasilkan suara bising
Getaran
Tidak ada getaran
Ada getaran
Panas
Tidak ada menghasilkan panas
Menghasilkan panas
Failure Rate
2.0 juta jam
1,5 juta jam
Kecepatan baca / tulis
Umumnya 200 MB/s, bahkan 550 MB/s untuk SSD yang tercanggih.
Antara 50 – 120 MB/s
Enkripsi (kode sandi)
FDE (Full Disk Encryption)
FDE (Full Disk Encryption)
Kecepatan buka file
30% lebih cepat dari HDD
Lebih lambat
Imbas Gaya Magnet
SSD aman terhadap imbas gaya magnet
Gaya magnet dapat menghapus data.
 


3.Kelebihan Dan Kekurangan SSD

                Kelebihan

  • Dengan menggunakan SSD booting komputer atau laptop Sobat Dukom menjadi lebih cepat dengan asumsi hanya memakan 30 sampai 75% waktu booting yang dihabiskan hardisk biasa.
  • SSD memungkinkan Sobat Dukom lebih cepat melakukan pencarian file di dalam komputer atau laptop dibanding hardisk biasa.
  • SSD memungkinkan transfer file lebih cepat, dengan asumsi 50% lebih cepat dibanding dengan transfer rate hardisk biasa.
  • Tidak sabar menunggu membuka aplikasi menggunakan hardisk biasa ? SSD membuat 10 sampai 50% lebih cepat untuk membuka aplikasi atau file.
  • SSD tidak membuang waktu saat maintenace komputer atau laptop sobat, bahkan memangkas 10 sampai 50% dari waktu normal mengunakan hardisk biasa dalam hal scanning virus, clean up registery, dll).
  • Hemat listrik atau daya hal yang dapat diberikan oleh SSD ini, hanya menggunakan 10% daya listrik yang digunakan ketika memakai hardisk biasa, dan ketika Sobat Dukom menggunakan laptop SSD membuat baterai lebih tahan lama.
  • Multitasking yang selalu membuat laptop atau komputer Sobat Dukom menjadi lag, tidak akan terjadi jika hardisk lama anda di ganti dengan SSD.
  • SSD dapat dibawa kemanapun sobat mau, karena tidak menggunakan media cakram jadi Sobat Dukom tidak perlu khawatir akan goresan yang akan terjadi.
  • SSD lebih dingin dari hardisk biasa karena tidak ada mekanik yang bekerja di dalamnya
  • SSD sangat ringan untuk dibawa, hanya sekitar 50% dari berat hardisk biasa dengan ukuran yang sama.
  • SSD mempunyai respon yang sangat cepat karena tidak menggunakan mekanik
  • dan hal terkahir yang paling penting SSD dapat memotong kerja CPU anda, SSD file meload lebih cepat sehingga processor tidak menunggu lama dan membuat bottleneck sehingga CPU jauh lebih dingin dan tentunya lebih hemat daya.

KEKURANGAN

  • Harga yang jauh dengan harga hardisk biasa, kurang lebih 10X lebih mahal dari harga hardisk biasa.
  • Tidak memiliki kapasitas yang besar. 
  • Kurang baik jika di jadikan media " Storage " karena kapasitas terbatas. 

BAB III
PENUTUP

 1.   Kesimpulan
Dengan demikian terciptalah kesimpulan bahwa     :
  • Keuntungan SSD untuk Notebook atau Laptop yaitu SSD dapat membuat siklus baterai dan umur baterai menjadi lebih panjang, dan membuat performa menjadi lebih maksimal.
  • Keuntungan SSD untuk Komputer atau PC yaitu SSD dapat membuat kecepatan akses, multitasking menjadi lebih efisien, dan membuat listrik dirumah atau di kantor menjadi lebih hemat.
Dengan kata lain 1 SSD untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop tetapi banyak HDD hanya untuk menambah storage karena “Kualitas berbeda dengan Kuantitas”.
  
2.   Saran-Saran

Jika anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih atau banyak dan tidak mementingkan perfoma untuk PC atau laptop kalian maka gunakanlah hardisk .

Dan sebaliknya jika anda membutukan perfoma yang bagus atau cepat apalagi jika ingin meningkatkan perfoma untuk bermain game dan tidak memikirkan kapasitas penyimpanan nya maka gunakanlah SSD


DAFTAR PUSTAKA

Sumber 1

Sumber 2

 

          




1 comment:

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai SSD

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo mampir juga sebagai info untuk beberapa informasi tentang manfaat SSD

    https://bangamingadget.com/5-manfaat-ssd/
    terima kasih


    ReplyDelete